Kamis, 18 November 2010

Membangun Misi Sekaligus Meraup Untung



Tak dipungkiri saat seseorang memulai bisnis, salah satu tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Lalu apakah keuntungan secara materi saja tujuannya? Secara sadar ataupun tidak, sebenarnya tujuan lain selain keuntungan materi itu akan mengikuti, salah satunya adalah membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Terlebih-lebih jika tujuan lain itu sudah ditanamkan semenjak memulai usaha, Insya Allah hasilnya akan lebih baik.

Tujuan lain yang dimaksud itu adalah membangun makna atau membetuk misi yang bermanfaat tuk banyak orang dalam menjalankan usahanya tersebut. Bahkan menurut banyak pakar entrepreneur, jika kita secara terus menerus membangun misi itu, Insya Allah keuntungan secara materi akan mengikuti secara sendirinya. Sedangkan jika kita hanya fokus untuk meraup keuntungan, justru kita akan mendapat dua resiko sekaligus. Yaitu resiko tidak dapat membangun makna atau misi postif sekaligus tidak dapat meraup keuntungan secara materi. Sedih khan.... :(

Seorang pedagang mie ayam, selain mecari keuntungan dalam berdagangnya iapun memiliki misi sebagai penyedia makanan yang tidak menggunakan vetsin/MSG sehingga sehat untuk penikmat mie ayamnya. Seorang pedagang baju muslim, memiliki misi menyebar luaskan begitu pentingnya menutup aurat bagi para muslim dewasa. Bahkan ia menjual jilbab balita semata-mata memperkenalkan jilbab sejak dini bagi anak-anak.

Ada juga sebuah produsen obat-obatan yang hanya memproduksi dari bahan baku yang halal, sehingga misinya memberi solusi sehat tanpa menomorduakan halal-haramnya kandungan obat-obatannya dapat ia dapati. Serta seorang pengusaha bimbingan belajar, ia memiliki misi untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa dengan berbagi ilmu. Bahkan ia memberikan beasiswa kepada murid-murid yang kurang mampu. Dan banyak lagi contoh para pelaku bisnis yang memiliki misi demi kebaikan banyak orang selain untuk meraup keuntungan dalam menjalankan bisnisnya.

Begitupun saat kami memulai usaha sebagai produsen Modern Cloth Diapers (Diapers cuci ulang), kamipun memiliki misi untuk mengkampanyekan kepada masyarakat luas mengenai penggunaan cloth diapers yang jelas-jelas lebih sehat, lebih hemat, dan lebih ramah lingkungan daripada penggunaan popok sekali pakai (pospak) untuk anak-anak. Jika anda ingin memulai usaha, jangan lupa untuk membangun misi positif ya. Jikapun anda sudah menjalankan sebuah usaha, jangan ragu-ragu tuk segera membagun misi positif mulai sekarang.

Misi positif itu bisa ditetapkan dari banyak aspek, yaitu baik berhubungan dengan kesehatan, keagamaan, lengkungan hidup, sosil, pendidikan, dan lainnya. Jadi apapun tujuannya, misi itu tetap disuhakan harus ada. Karena misi itu bukan untuk ditulis disebuah business plan saat awal memulai usaha, namun misi itu untuk dijalankan secara terus-menerus dan konsisten.

*Yusuf Erlangga

0 komentar:

Posting Komentar

Photobucket
 

Followers

Wirausaha Keluarga Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template