Rabu, 06 April 2011

Perlukah Online Store Ada Jam Kerja?


Judul diatas sebenarnya adalah sebuah pertanyaan yg saya dapat dari seorang member disebuah milis yang saya ikuti. Yaitu pak Undang Nur Hidayat seorang pengusaha (www.kaoskakiku.com & www.mukena-bordir.com) yang bertanya di milis TDA Bekasi (tdabekasi@yahoogroups.com). Dari pertanyaan itulah, saya mendapat diskusi dari beberapa member di milis tersebut.

Pak Rawi Wahyudiono seorang pengusaha yg bergerak dibidang printer tuk perbankan yg rajin ngeblog ini mengatakan; "Salah satu bisnis yang bisa menyita waktu adalah bisnis onlen atau bisnis 24/7, 24 jam dalam sehari 7 hari dalam seminggu. Bisnis onlen adalah bisnis yang tidak pernah berhenti, sebuah bisnis yang tidak sehat jika harus dikerjakan sendiri. Sudah selayaknya pemain bisnis onlen menjadikan bisnis ini sebagai bisnis utama seperti bisnis-bisnis offline lainnya yang berjualan melalui media warung, toko, booth, counter, gerobak, dll".

Lain lagi dengan pak Annas Ahmad seorang pengusaha obat Amandel yg ahli juga mengenai pemasaran via internet. Ia mengatakan kalau memang sudah online memang sebaiknya dibuat siap melayani 24 jam, atau paling tidak kita respon kurang dari 24 jam.
Ada beberapa cara untuk membantu kita menghandle konsumen, misal :
1. siapkah halaman FAQ
2. siapkan SMS server
3. siapkan auto answer email
4. atau paling mudah adalah memiliki CS
atau alternatif lain adalah membuat sistem toko kita otomatis, pengunjung bisa order kapan saja, butuh informasi bisa cari langsung di web kita.

Senada apa yg dikatakan pak Sudarsono Martoyo di milis tsb jg, ia mengatakan bahwa Toko On-Line sebaiknya terima pesanan full-day (24 jam), namun pesanan diantar pada waktu yang layak, misalnya antara jam 08.00 s/d 17.00.

Jadi, perlukah Online Store menerapkan jam kerja? Silahkan dipilih dan langsung dijalankan aja deghhh... ^_^

*Yusuf Erlangga

0 komentar:

Posting Komentar

Photobucket
 

Followers

Wirausaha Keluarga Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template