Selasa, 13 Desember 2011

Bidik Konsumen Kelas Menengah



Dalam sebuah talkshow diradio kemarin sore, seorang pengamat bisnis mengatakan bahwa tahun 2012 nanti adalah tahunnya konsumen kelas menengah. Ehmmm, maksudnya apa ya? gumam saya dalam hati. Masih dalam info diradio tadi, ternyata salah satu indikasinya adalah adanya beberapa fenomena di akhir tahun 2011 ini. Salah satunya adalah tragedi antrian blackbery yang memakan korban di Jakarta beberapa waktu yang lalu, serta fakta adanya indent pemesanan mobil All New Avanza hingga ribuan unit yang memakan waktu antrian hingga 2-3 bulan.

Ternyata yang ramai dan mengantri saat ini di Indonesia bukan hanya untuk pembagian sembako gratis saja. Untuk pembelian suatu produk yang seharga jutaan hingga ratusan juta rupiah penduduk Indonesia mulai rela mengantri. Ya, tentunya itu terjadi pada konsumen kelas menengah. Dan fakta menurut statistik BPS, ternyata usia penduduk Indonesia yang berpenghasilan sendiri alias yang sudah bekerja sangatlah banyak. Penduduk terbanyak yang pertama didominasi pada rentang usia 25-29 tahun, kedua di usia 20-24 tahun, dan yang ketiga pada usia 30-34 tahun.

Lhoo apa hubungan antara konsumen kelas menengah dan usia penduduk yahh? Ya, penduduk pada usia tadi merupakan orang-orang muda yang sudah mulai berpenghasilan sendiri. Dan tentunya pada usia tadi, rata-rata penghasilan mereka belum terlalu besar. Selain itu, tak bisa dipungkiri bahwa penduduk berusia muda merupakan konsumen yang konsumtif. Maklum, usia muda adalah usianya yang lebih mementingkan gaya hidup.

So, apakah kita sudah siap tuk menyambut konsumen kelas menengah di tahun 2012?
Dimanakah posisi kita?
Apakah hanya sebagai konsumen yang merupakan objek, atau kita merupakan subjeknya yang dapat memanfaatkan peluang tersebut sebagai pelaku usaha?

Go action!!!

*Yusuf Erlangga

0 komentar:

Posting Komentar

Photobucket
 

Followers

Wirausaha Keluarga Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template