Rabu, 24 Februari 2010

Sukses sebagai Makelar


Dalam sebuah kesempatan, seorang pemuda bertanya kepada seorang motivator.
Dengan pendidikan yang pas-pasan seperti ini, pekerjaan apa yang cocok bagi saya? tanya sang pemuda kepada motivator. Sang pemuda menambahkan keluhannya dengan nada yang kurang semangat. Sudah banyak lamaran yang saya kirim, tapi belum ada yang diterima. Mau usaha sendiri, tapi gak punya modal. Apakah saya masih bisa sukses untuk berkerja atau usaha?

Namanya juga motivator, mendapat pertanyaan seperti itu. Ia justru hanya tersenyum seraya memberi semangat kepada pemuda itu. Ya, semua pasti ada hikmahnya, dan kamu pasti bisa sukses!
Sebagai sebuah solusi, pekerjaan yang paling memungkinkan bagi pemuda itu yaitu menjadi makelar penjualan rumah/tanah atau bergabung bersama agen penjualan properti. Tanpa pendidikan yang tinggi, semua orang pasti bisa asalkan ia bergelar MBA. Hahhhh MBA???? Iya, Modal Bacot Aja (red; bacot=mulut).

Tanpa latar belakang pendidikan yang tinggi sebagai calon karyawan ataupun dana yang cukup untuk modal usaha, semua orang pasti bisa. Mulai bekerja sendiri sebagai makelar rumah/tanah dengan rajin keliling dengan menawarkan jasanya, ataupun bergabung dengan agen properti yang sudah lebih profesional. Bagaimana pun prosesnya, yang penting legal dan halal.

Saat ia aktif sebagai makelar rumah/tanah ataupun agen properti seperti itu, ia sudah menjadikan dirinya semakin berarti. Ia belajar dan terjun langsung bagaimana cara berkomunikasi dengan banyak orang, bernegoisasi, bersosialisasi, memperluas jaringan, serta tak ketinggalan iapun mendapat penghasilan dari usahanya itu.

Pengasilan dari setiap transaksi yang terjadi biasanya sekitar 1% - 2,5% tergantung perjanjian. Insya Allah penghasilannya tetap menjajikan deh.. Berikut sebagai ilustrasinya:
Anggap aja ia mendapat persentase 1,5% setiap transaksi.
Dalam sebulan ia berhasil hanya melakukan satu kali transaksi.
Dalam setiap transaksinya ia berhasil menjual rumah/tanah sekitar Rp 500 juta.
Jadi penghasilanya adalah: 1,5% x 1 x Rp 500 juta = Rp 7,5 juta.
Sebagai pemula, itu pendapatan yang fantastic bukan? Jika ia bisa konsisten serta berhemat setiap bulannya, dalam setahun ia sudah bisa mengumpulkan modal untuk menjalankan usaha lainnya ataupun tetap meneruskan usahanya sebagai makelar profesional.

Jadi tanpa latar belakang pendidikan yang tinggi serta tanpa modal usaha yang banyak, kita tetap bisa sukses khannn... Hal tersebut bisa terjadi jika kita bisa mengambil hikmah dari apa-apa yang terjadi, termasuk mengambil hikmah dari kekurangan kita sendiri. Salam sukses!

*Yusuf Erlangga

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Followers

Wirausaha Keluarga Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template