Minggu, 29 Agustus 2010

Edukasi Adegan Kekerasan Di Televisi



Saat melihat beberapa "adegan kekerasan" di Televisi, secara otomatis sebagian besar orang tua meminta chanel TV itu diganti atau langsung mengganti sendiri dengan cepat menggunakan remote TV. Lhooo koq bisa? Iya karena kebetulan saat menonton TV, saat itu sedang ada anaknya (anak yg masih kecil) yang juga sedang menonton TV. Lhoo koq begitu sih??? Iya, karena sang orang tua tidak ingin sang buah hatinya melihat, lalu mengetahuinya, bahkan sampai meniru "adegan kekerasan" itu.

"Adegan kekerasan" itu apa aja sihh???
Saat di TV ada berita tentang seorang pencuri yang tertangkap dan dipukuli oleh massa, ada adegan tembak-tembakan antara polisi dan penjahat dalam sebuah film laga, ada adegan seseorang yg sedang dipukul dan ditendang dalam sebuah sinetron, ada sebuah pertunjukan ketahanan fisik (spt debus, sulap, dll) di sebuah acara TV Show, atau ada juga siaran olah raga adu fisik seperti tinju, gulat, dll.
Sesaat melihat adegan itulah, sang ibu cepat2 mengganti chanelnya.

Apakah hal tersebut sudah tepat? Ya, niatnya sudah benar. Tapi masih banyak yang keliru, yaitu sebagaian besar sang orang tua cepat-cepat mengganti chanel TVnya dengan maksud si anak tidak melihat. Namun sayangnya tanpa terlebih dulu memberi tahu apa yang tadi telah terjadi. Lalu, gimana dong baiknya?

Disinilah saatnya kita sebagai orang tua, memberi edukasi tentang apa yang telah terjadi didunia nyata (walau hanya dilihat dari TV).
Pada contoh kasus pencuri yang dipukuli massa tadi kita bisa banyak memberi edukasi. Sang anak bisa dijelaskan tentang dilarangnya mencuri, yaitu sesuai ajaran Agama, dapat merugikan orang lain (korban merugi hartanya yang dicuri), serta juga membahayakan bagi yang mencuri itu sendiri (dipukuli massa saat tertangkap). Disinilah pembelajaran moral dan akhlaq bagi anak dilakukan.

Tapi ingat, setiap "adegan kekerasan" di TV itu harus ada kita sebagai orang tua yang harus sigap dan cerdas memberi edukasi kepada anak-anak itu.

*Yusuf Erlangga

0 komentar:

Posting Komentar

Photobucket
 

Followers

Wirausaha Keluarga Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template