Sabtu, 18 September 2010

Beda Description dan Meta Keyword dalam Search Engine


Dalam menjalankan usaha sebagai produsen Cloth Diapers (popok cuci ulang), website adalah salah satu sarana yang sangat membantu dalam perjalanan usaha kami tersebut khususnya dalam pemasarannya. Sebagai yang masih awam dalam dunia online, kami menggunakan fasilitas website yang kami dapatkan dari vKios.com. Daftar, bayar, isi, jadi deghh website yang kita inginkan sesuai template yang ada. Dalam websitenya tersebut, vKios.com menyediakan fasilitas/menu SEO yang dapat kita isi sesuai kebutuhan masing-masing.

Dalam menu tersebut terdapat beberapa failitas yang dapat diisi, diantaranya:
- Description untuk Search Engine (maksimal 300 karakter)
- Meta Keyword untuk Search Engine (maksimal 300 karakter)

Awalnya saya yang awam didunia online cuek aja dengan menu tersebut, seiring waktu jadi penasaran juga. Fungsi dan manfaatnya secara umum sih sebenarnya sudah tau, tapi perbedaan dari masing-masing fasilitas tersebut serta outputnya seperti apa saya belum begitu paham detailnya nihhh??? Karena bingung, saya bertanya dengan teman-teman yang ada di forum TDA Bekasi. Alhamdulillah ada beberapa yang membantu.

Diantaranya dijelaskan oleh pak Irfan Zj owner www.jasa-kitas.com yang cukup ahli mengenai dunia online. Berikut penjelasannya:
Description itu adalah info yang akan ditampilkan oleh Search Engine di halaman mereka. Semakin bagus isi description, semakin menarik orang untuk masuk ke website kita. Jangan terlalu panjang karena ada batasannya.
Meta Keyword adalah kata kunci yang bisa kita selipkan di meta tag yang ada. Gunanya untuk menangkap spider mesin pencari agar mereka mengindex kata kunci tersebut dalam databasenya.
Kedua hal tersebut sangat dianjurkan untuk dioptimalkan dalam ilmu SEO. Ini adalah dua diantara teknik SEO on page.

Selain pak Irfan tadi, ada juga bu Mita Nastaria yang memiliki usaha penjualan jilbab dan herbal secara online di www.sharqee.com yang menambahkan bahwa dalam pengisian Keyword selain dapat diisi dengan kata-kata, juga dapat diisi dengan frase seperti; popok bayi, cuci ulang, produsen clodi, dll.

Dan sebagai penutup, pak Ismed Ismail Daud sang juragan coklat yang sukses (www.coklatmentari.com) menambahkan bahwa jangan lupa langsung masukkan nomer telpon dan email di descriptionnya. Jadi orang gak perlu masuk ke dalam websitenya kalo hanya mau cari nomer telpon atau email-nya saja saat mau order.

Alhamdulillah, tidak sampai tiga bulan semenjak usaha ini dilaunching, Ecokiddy sebagai salah satu produk Modern Cloth Diapers (popok cuci ulang) sudah ada dihalaman awal search engine (google.co.id) bilamana mencari kata modern cloth diapers.

*Yusuf Erlangga

2 komentar:

Asmanurs3 on 15 Januari 2015 pukul 19.20 mengatakan...

makasih bang infonya,., berguna

winur on 23 Januari 2020 pukul 09.32 mengatakan...

Terimakasih infonya bermanfaat

Posting Komentar

Photobucket
 

Followers

Wirausaha Keluarga Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template